Abstract:
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pola saluran
pemasaran tandan buah segar (TBS) kelapa sawit rakyat, untuk menganalisis
marjin pemasaran, share margin dan efisiensi pemasaran tandan buah segar (TBS)
kelapa sawit rakyat di daerah penelitian. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis data deskriptif dan rumus efisiensi pemasaran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di daerah penelitian diperoleh
kesimpulan bahwa saluran pemasaran yang terjadi berjumlah dua saluran
pemasara yaitu : petani → agen → RAM → pabrik, dan petani → RAM →
pabrik. Hasil penelitian yang dilakukan didaerah penelitian menunjukkan share
margin pada saluran pertama sebesar 88,93% dan share margin pada saluran
pemasaran kedua sebesar 94,56%. Sedangkan untuk efisiensi yang terjadi
didaerah penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran pertama dan kedua
dianggap sudah efisien karena nilai efisiensi berada dibawah 50% atau <50%
yaitu dengan nilai efisiensi masing-masing saluran pemasaran yaitu sebesar 7,35%
untuk saluran pemasaran pertama dan 3,34% untuk saluran pemasaran kedua.
Namun dalam hal ini saluran pemasaran yang kedua dianggap paling efisien
karena memiliki nilai efisiensi terkecil yaitu sebesar 3,34%.