Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariasinya data mengenai konsep diri dan komunikasi antarpribadi. Menurut para ahli konsep diri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi komunikasi antarpribadi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gambaran konsep diri, (2) mendeskripsikan gambaran komunikasi antarpribadi, (3) menguji besar pengaruh konsep diri terhadap komunikasi antarpribadi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan, sampel penelitian berjumlah 98 orang, data diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk variabel konsep diri dan variabel komunikasi antarpribadi adalah angket dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi sederhana.Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara rata-rata konsep diri siswa berada pada kategori tinggi, (2) komunikasi antarpribadi siswa berada pada kategori tinggi, (3) terdapat pengaruh konsep diri terhadap komunikasi antarpribadi, sebesar 21% (R Square = 0.21 dengan signifikansi 0.000). Hasil dari penelitian ini nantinya dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa untuk pembuatan program pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah 7 Medan.