Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuannya untuk mengetahui bagaimana
karakteristik umum konsumen beras organik, untuk mengetahui bagaimana
preferensi konsumen terhadap unsur-unsur (kepulenan, aroma, daya tahan,
kemasan, harga dan jarak lokasi) beras organik.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan skala linkert kepada
populasi yang membeli beras organik. Metode penentuan penarikan dilakukan
secara accidental sampling.
Dari hasil penelitian di peroleh hasil sebagai berikut:
1. Karakteristik sosial ekonomi konsumen beras organik di supermarket
brastagi didominasi oleh pendapatan menengah yaitu Rp 2.000.000 – Rp
5.000.000 sebanyak 46,7%.
2. Unsur yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam keputusan
membeli beras organik adalah Aroma, Harga dan Jarak Lokasi.
3. Berdasarkan tingkat kepentingan utama, konsumen dengan pendapatan
dibawah Rp. 2.000.000 mempertimbangkan harga, konsumen dengan
pendapatan Rp. 2.000.000 – Rp 5.000.000 mempertimbangkan aroma dan
konsumen dengan pendapatan diatas Rp. 5.000.000 mempertimbangkan
harga, aroma dan jarak pembelian.