Abstract:
Strategi komunikasi interpersonal public relation sangatlah berpengaruh penting
dalam membangun citra positif suatu perusahan. Karena komunikasi interpersonal antara
atasan dengan bawahan harus benar-benar berjalan dengan baik karena akan menimbulkan
suatu kerja sama antar atasan dengan karyawan yang lain. Dan yang terpenting harapan yang
ingin dituju adalah harapan membangun perusahaan itu semakin maju dan positif.
Penelitian ini menjelasakan bagaimana strategi komunikasi interpersonal public
relation dalam membangun citra positif Rsu.Permata Bunda. Metode penelitian yang telah di
lakukan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif (wawancara) dan konsep dari penelitian
menggunakan konsep public relations, dan komunikasi interpersonal.
Teknik pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi serta wawancara semi
terstruktur, sedangkan untuk data sekunder dikumpulkan melalui informasi dari kepustakaan,
internet, dan data-data dari perusahaan. Analisis dilakukan dengan cara mereduksi data,
kemudian data yang telah direduksi disajikan kembali untuk melihat kesimpulan secara
keseluruhan dan yang terakhir data-data tersebut ditarik menjadi sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Interpersonal Public
Relation telah dilaksanakan melalui tahapan pada Proses Komunikasi yang baik, aktivitas
komunikator, penyampaian pesan, penggunaan media, pemahaman terhadap komunikan dan
perhatian terhadap efek komunikasi sebagai bahan masukan dalam menyusun strategi
komunikasi interpersonal public relation selanjutnya dalam membangun citra positif
Rsu.Permata Bunda