Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan Brand Ambassador.
Penggunaan Brand Ambassador saat ini telah menjadi bagian penting, seorang
Brand Ambassador diharapkan dapat mewakili keinginan dan kebutuhan calon
konsumen serta mampu memberikan pengaruh positif untuk merek suatu produk
dan citra positif untuk perusahaan. dengan menggunakan aktor atau artis, atlet,
pembawa acara, atau selebriti lainnya sebagai Brand Ambassador. Penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Ambassador Jessica Mila terhadap
minat beli produk Fair and Lovely pada Siswi di SMK Swasta Tunas Karya
Batang Kuis. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional,
yaitu menganalisis data dan mencari tingkat hubungan antara variabel satu dengan
variabel lainnya dengan melakukan pengujian hipotesis dan berdasarkan pada
koefisien korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswi SMK Swasta Tunas
Karya Batang Kuis yang berjumlah 165 responden dan Sampel yang mewakili
penelitian ini berjumlah 62 responden diambil dengan taraf kesalahan 10%.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling yang
didasarkan oleh jenis simple random sampling. penulis mengumpulkan data
dengan cara melakukan pengamatan langsung ke objek penelitian dan membuat
daftar pernyataan (Kuesioner). Dalam menganalisis data menggunakan uji
korelasi, uji t, dan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan
korelasi product moment diatas yang menggunakan taraf signifikan 5% dan n= 62
diperoleh rhitung sebesar 0,372 sementara rtabel = 0,254. Berdasarkan perbandingan
diperoleh rhitung>rtabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Brand
Ambassador Jessica Mila terhadap minat beli produk Fair and Lovely pada Siswi
di SMK Tunas Karya Batang Kuis. Berdasarkan uji t diperoleh thitung sebesar
3.101 dan ttabel dengan α = 0,05 sebesar 1,669 hal ini menunjukkan bahwa
Thitung>Ttabel ( 3,101>1,669) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada
pengaruh signifikan antara Brand Ambassador Jessica Mila terhadap minat beli
produk. dan uji determinasi dengan nilai R Square adalah 0,138 atau 13,8%
sisanya sebesar 86,2% merupakan kontribusi dari variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.