Abstract:
Skripsi ini mengambil judul “ Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Telkom
Dalam Mempromosikan Produk Indihome (Studi Pada Bagian Pemasaran PT.
Telkom Regional I Sumatera)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis strategi pemasaran produk indihome pada PT. Telkom Regional I
Sumatera. Data diperoleh secara langsung dari Manajer Home Service PT.
Telkom Regional I Sumatera dan pelanggan indihome dikota Medan.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data dengan metode observasi
(pengamatan), dan wawancara, adapun narasumber dalam penelitian ini berjumlah
8 orang yang terdiri dari 1 orang manager home service dan 7 orang pelanggan
indihome. PT. Telkom merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang
telekomunikasi dengan produk indihome yang didalamnya terdapat tiga produk
telkom yaitu internet cepat, telepon rumah, dan useetv yang dikenal dengan triple
play.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran untuk
produk indihome adalah pihak telkom menggunakan cara personal selling dengan
door to door kerumah calon pelanggan untuk memperkenalkan serta menjelaskan
kekurangan dan kelebihan tentang produk indihome karena dinilai lebih sopan
dibanding dengan menggunakan telepon. Dan program pemasaran produk
indihome yang sudah dilakukan PT. Telkom, seperti membuat spanduk, mobil
branding, sun screen, flyer, brosur, flyer FTTH, iklan dimedia masa dan rompi
sales force, dan melakukan open tible ditempat keramaian seperti tempat
perbelanjaan agar calon pelanggan dapat melihat secara langsung cara kerja dari
produk indihome dengan panduan dari sales yang ada.