Abstract:
Sekitar bulan Desember, PT. Indofood Sukses Makmur mengadakan gala
kampanye di daerah Deli Serdang, Sumatera Utara. Kampanye ini berisikan
tentang dampak global warming bagi kehidupan manusia. Kampanye dilakukan di
daerah Pantai Labu, Deli Serdang Sumatera Utara. Tujuan diadakannya kampanye
ini oleh PT. Indofood Sukses Makmur adalah untuk mengurangi tingkat sampah
plastik yang berdampak bagi pencemaran lingkungan. Mengingat, produk dari PT.
Indofood Sukses Makmur kebanyakan dikemas dengan plastik.
Kemudian, tujuan lainnya adalah ingin memberi tahu kepada khalayak
bahwa tidak semua makanan yang instan yang mereka kemas dan produksi
berbahaya bagi tubuh manusia. Pihak PT. Indofood Sukses Makmur juga
memberikan cara penanganan kesehatan untuk tubuh bagi yang suka makan
makanan instan. Semua dilakukan dengan cara berkampanye.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka peneliti
merumuskan masalah ini sebagai berikut : “Bagaimana cara yang dilakukan
public relation event PT. Indofood Sukses Makmur dalam kampanye global
warming”. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif. Dalam penelitian kualitatif permasalahan yang dibawa oleh peneliti
masih bersifat sementara, maka teori yang digunakan dalam penyusunan proposal
penelitian kualitatif juga masih bersifat sementara dan akan berkembang setelah
peneliti memasuki lapangan atau konteks sosial,
Pada penelitian ini, yang menjadi narasumber penelitian penulis adalah
sebagai berikut :Devisi public relation event PT. Indofood Sukses Makmur yang
berjumlah 3 orang yang sedang menangani kampanye global warming. Penulis
melakukan riset atau penelitian di PT. Indofood Sukses Makmur, yang beralokasi
di Jalan Medan-Lubuk Pakam KM. 18,5 B, Tj. Morawa A, Tj. Morawa,
Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20551.
Hasil dari penelitian ini adalah Cara Humas (PR) PT. Indofood dalam
melaksanakan event kampanye global warming adalah dengan melakukan
konseling kepada masyarakat daerah pantai labu khususnya daerah pantai (orangorang yang berada dipinggiran pantai) untuk lebih sadar akan bahaya dari sampah
plastik dan agar lebih dapat menjaga lingkungan. Selain konseling Humas PT.
Indofood Sukses Makmur bersama pihak event juga menyelenggarakan bazar
murah, lucky draw dan kuis berhadiah bagi masyarakat yang ikut serta datang ke
acara kampanye tersebut. hal ini dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat
agar berbondong-bondong datang untuk mengikuti kampanye global warming
tersebut.