Abstract:
Baru-baru ini, muncul makanan baru khas Kota Medan yang lagi marakmaraknya orang yang mengantre ingin membeli dan membeli makanan tersebut.
Medan Napoleon, Medan Napoleon merupakan sebuah kue/ cake yang kini
menjadi oleh-oleh khas kota Medan. Medan Napoleon sendiri merupakan sebuah
bisnis kue/ cake dari Selebriti atau Aktor Irwansyah. Kue Medan Napoleon hadir
dalam 5 Varian Rasa yaitu ada Banana Crezy, Caramel, Cheese, Green Tea, dan
satu lagi yang istimewa yaitu rasa Durian. Cake ini berbentuk persegi panjang dan
berukuran 25 x 9 cm. Napoleon Cake menampilkan puff pastry dalam layer-layer
tipis dan selai homemade dari sang pastry chef yang di balut dengan soft cake.
Kehadiran Medan Napoleon sungguh sangat fantastis. Mulai dari antrean
yang membludak sampai adanya jatah maksimal 2 kue dalam sekali pembelian
serta para pembeli juga harus mengantre menggunakan tiket. Selain itu, dari sosial
media, sudah banyak juga orang-orang yang menjadi agen dari kue/ cake Medan
Napoleon. Para pembeli jika tidak ingin mengantre dan tidak ingin di batasi
jumlah dalam pembelian bisa menghubungi agen tersebut. cukup strategi
penjualan yang fantastis. Mulai dari nama cake itu sendiri, varian rasa dan hal-hal
berkembang yang telah di jelaskan di atas. Di sini, penulis ingin mencari tahu apa
sebenarnya opini pubik dari masyarakat seputar kue/ cake Medan Napoleon itu
sendiri. Bagaimana rasa dan pelayanan toko yang di sajikan oleh pihak Medan
Napoleon.
Berdasarkan latar belakang yang telah di uraikan di atas, maka peneliti
merumuskan masalah ini sebagai berikut : “Bagaimana Opini Publik tentang oleholeh Khas Kota Medan “Medan Napoleon” terhadap minat membeli masyarakat”.
Uraian teoretis yang di pakai pada penelitian ini adalah Komunikasi, Opini
Publik, Opini leader dan Media Massa.
Metode penelitian yang di pakai pada penelitian ini adalah Penelitian
kuantitatif adalah definisi, pengukuran data kuantitatif dan statistik objek melalui
perhitungan ilmiah, berasal dari sampel orang-orang atau penduduk yang di minta
menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survey untuk menentukan frekuensi
dan presentasi tanggapan mereka, Sugiono (2010:213). Dalam penelitian ini,
peneliti mengambil seluruh populasi di jadikan sampel karena jumlah
populasinya kurang dari 100 orang yakni berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian memberikan hasil bahwa Opini publik terhadap Medan
Napoleon adalah masyarakat masih penasaran dan ingin mencoba cita rasa kue/
cake Medan Napoleon tersebut. Masyarakat juga belum bisa memastikan bahwa
Medan Napoleon adalah oleh-oleh khas Kota Medan karena masyarakat masih
dalam tahap mencoba kualitas rasa dari Medan Napoleon tersebut.