Abstract:
Penelitian ini dilakukan di Desa Sukaraya
Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli serdang. Penelitian ini dibimbing
olehIbu Ir. Gustina Siregar M.Si sebagai Ketua Komisi Pembimbing dan
Bapak Akbar Habib,.S,P, M.P selaku Anggota komisi pembimbing.
Penelitianini dilakukan di Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu
Kabupaten Deli serdangyang ditentukan sengaja (purposive) untuk
mengetahui saluran pemasaran, biayapemasaran, margin pemasaran dan
efisiensi pada setiap lembaga pemasaran didaerah penelitian. Pengambilan
sampel petani, pedagang pengumpul danpedagang pengecer diambil
menggunakan metode sensus dengan jumlah sampelpetani 30 orang,
pedagang pengumpul 3 orang dan pedagang pengecer 10 orang.Untuk
analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa di daerah penelitian terdapat
3 saluran pemasaran jeruk kasturi. Saluran pemasaran I yaitu petani –
konsumen akhir dengan share margin 100% dan Saluran pemasaran II
yaitu petani – pedagang pengecer – konsumen akhir dengan margin
pemasaran Rp2.000/Kg dengan share margin 75% dan efisinsi pemasaran
sebesar 18,2%. Saluran pemasaran III yaitu petani – pedagang pengumpul
- pedagang pengecer – konsumen akhir dengan margin pemasaran di
pungumpul Rp2.500/Kg dan marjin pemasaran di pengecer 2000 dengan
share margin 47,05% dan efisinsi pemasaran sebesar 22%