Research Repository

Persepsi Mahasiswa Tentang Talkshow Mata Najwa di Metro TV Sebagai Media Informasi Politik (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa FISIP UMA)

Show simple item record

dc.contributor.author Ariani, Wirta Rizki
dc.date.accessioned 2020-11-18T03:21:22Z
dc.date.available 2020-11-18T03:21:22Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13043
dc.description.abstract Sebagai talkshow yang dipercaya sebagai salah satu media yang bergenre sosial dan politik, Mata Najwa semakin hari semakin dipercaya untuk tetap siar di Televisi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penghargaan yang didapat oleh Mata Najwa. Meski dianggap sebagai talkshow yang berhasil menarik perhatian masyarakat, Mata Najwa tak luput dari kritikan dan saran penonton dilihat dari fungsinya sebagai media informasi politik. Banyaknya persepsi masyarakat yang beragam terutama pada mahasiswa tentang talkshow Mata Najwa di Metro TV, maka dalam penelitian ini akan membahas persepsi-persepsi tersebut berdasarkan teoti-teori komunikasi yang sudah ada. Penelitian dilakukan pada mahasiswa FISIP UMA yang sudah menonton Mata Najwa lebih dari dua tahun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi massa dan teori persepsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara terstruktur. Hasil persepsi mahasiswa FISIP UMA tentang talkshow Mata Najwa sebagai media informasi politik pada umumnya menghasilkan persepsi positif, namun dalam talkshow Mata Najwa dilihat dari beberapa aspek terdapat pula persepsi negatif. Perbedaan persepsi ini terjadi dikarenakan dalam proses inti komunikasi ada tahap yang tidak terlewati. Baik itu stimuli/ perangsangan, seleksi, maupun interpretasi/ penafsiran. Talkshow Mata Najwa terdiri dari beberapa kategori isi program yang berhubungan dengan proses komunikasi massa. Seperti presenter sebagai komunikator, materi sebagai pesan, Metro Tv sebagai media, penonton dan narasumber sebagai komunikan yang akan menghasilkan persepsi sebagai feedback atau timbal balik dari proses komunikasi tersebut dari talkshow Mata Najwa. en_US
dc.subject Persepsi en_US
dc.subject Talkshow en_US
dc.subject Mata Najwa en_US
dc.title Persepsi Mahasiswa Tentang Talkshow Mata Najwa di Metro TV Sebagai Media Informasi Politik (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa FISIP UMA) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account