Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dari peran perusahaan dalam masyarakat
yang telah ditingkatkan yaitu dengan peningkatan kepekaan dan kepedulian
terhadap lingkungan dan masalah etika dengan sebutan CSR (Corporate Social
Responsibility). Saat ini perusahaan diaktakan baik apabila perusahaan tersebut
tidak hanya memikirkan profit (keuntungan) saja, namun juga memperhatikan
lingkungan dan masyarakat di sekitarnya yang berakhir pada terbentuknya citra
positif perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
strategi komunikasi yang digunakan oleh tim CSR dalam meningkatkan citra
positif perusahaan pada PT. Bank Sumut. Jenis penelitian yang digunakan
merupakan jenis penelitian kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan cara
melakukan wawancara mendalam dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis
dengan berdasarkan kategorisasi penelitian. Teori yang dipakai dalam penelitian
ini mencakup teori komunikasi, kehumasan, komunikasi publik, komunikasi
organisasi, citra dan CSR. Narasumber pada penelitian ini terdiri dari 4 orang
yakni Staff CSR PT. Bank Sumut, staff PR PT. Bank Sumut, dan dua orang
masyarakat penerima manfaat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi
komunikasi yang digunakan oleh CSR PT. Bank Sumut adalah bekerjasama
dengan lembaga yang ahli di bidangnya sesuai dengan kegiatan yang
dilaksanakan, tatap muka langsung dengan masyarakat binaan dan menggunakan
media massa untuk mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan berupa surat
kabar baik lokal maupun nasional dan internet, menempatkan atau memilih
kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat binaan, memberikan
pelayanan SDM, produk, dana dan jasa serta menurunkan ahli di bidangnya
dengan kualitas terbaik, dan untuk mendapatkan citra positif dalam internal
perusahaan Pimpinan melakukan coaching, membina, serta mengecek hasil kerja
staff. Kemudian dengan pemberian penghargaan dan punishmen atau hukuman
yang adil sehingga staff memiliki motivasi kerja yang lebih baik.