Abstract:
Tujuan utama Penerapan Konseling Gestalt adalah membantu klien agar
mampu mengontrol dirinya serta menyesuaikan diri dalam berbagai macam
tantangan hal yang baru, kenyataan yang dihadapi harus menemukan caranya
sendiri dalam hidup dan menerima tanggung jawab pribadi agar individu
mencapai kedewasaan. Tujuan ini mengandung makna bahwa klien harus
mencapai kesadaran tentang apa yang mereka rasakan dan lakukan serta belajar
tanggung jawab atas perasaan, pikiran dan tindakan sendiri. Gestalt memandang
pertumbuhan dan perkembangan manusia sebagai sesuatu fenomena yang unik,
karena pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan atau potensi untuk
menyelesaikan masalahnya yaitu dengan memiliki mental yang sehat. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Penerapan Konseling Gestalt Untuk
mengembangkan Kemampuan Kontrol Diri Siswa MTs Negeri 2 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Negeri 2 Medan T.A
2016/2017. Dan Objek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas IX, 2 dari
kelas IX-5 dan 1 dari kelas IX-4 yang kurang dalam mengontrol diri dalam situasi
baru dan yang sudah diterapkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dengan menggunakan observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data
pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan selama penelitian berlangsung. Maka dari hasil tersebut dapat dilihat
meningkatnya kesadaran dalam Kontrol Diri siswa untuk dapat mengembangkan
kemampuan mengambil keputusan dan mempertanggung jawabkan pengambilan
keputusan tersebut. Dengan demikian Penerapan Konseling Gestalt Untuk
Mengembangkan Kemampuan Kontrol Diri Siswa MTs Negeri 2 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017 dapat mengatasi kesadaran siswa untuk mengembangkan
kemampuan control dirinya. Hal ini dapat di lihat dari kemampuan berfikir siswa
secara sadar saat diberikan konseling Gestalt melalui konseling individu.