Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Konseling
Individual untuk meningkatkan tindakan berfikir siswa kelas VII SMP Swasta AlHikmah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah adanya siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang rendah, hal ini
dapat terlihat pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung serta masih perlu
diterapkan konseling individual untuk meningkatkan tindakan berfikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, analisis data yang telah ditemukan
sejak pertama penelitian datang kelokasi penelitian yang dilaksanakan secara
intensif sejak awal pengumpulan data lapangan sampai akhir data terkumpul
semua. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu Siswa Kelas
VIII SMP Swasta Al-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Total
populasi 208 orang siswa SMP Swasta Al-Hikmah, rnaka peneliti mengambil
sampel atau objek berdasarkan siswa yang sangat mengalarni masalah kurang
berpikir sehingga total sampel keseluruhan adalah 5 orang siswa.
Pelaksanaan layanan konseling individual di SMP Swasta Al-Hikmah
Medan sudah dilakukan dan mulai efektif dengan menggunakan teknik konseling
yaitu teknik Behavioral. Perilaku tindakan berpikir siswa di SMP Swasta
Al-Hikmah Medan sering dilakukan dengan alasan mereka yang berbeda-beda,
terdapat 5 siswa yang sering mengalami perilaku tindakan berpikir yang rendah,
dari siswa/siswi di kelas VII, hal ini disebabkan karena siswa malas dalam belajar,
tidak fokus memperhatikan guru menerangkan di depan kelas, serta kurangnya
daya pikir dan daya tanggap siswa dalam belajar. Penerapan layanan konseling
individual melalui teknik Behavioral siswa kelas VII di SMP Swasta Al-Hikmah
Medan adalah konselor melaksanakan layanan konseling individual dengan
memanggil siswa/siswi yang bermasalah dan memecahkan permasalahan tersebut
secara bersama-sama dengan siswa yang bermasalah agar siswa di kemudian hari
dapat melakukan perubahan perilaku.