Abstract:
Konseling individual bertujuan untuk membantu individu dalam
mengatasiatau menangani masalah-masalah yang terjadi dalam
kesehariannya,terlebih secara psikis.Kontrol diri sangat berpengaruh pada saat
mengalami masalah, karena jika siswa tidak dapat mengontrol emosinya akan
berdambak buruk pada dirinya dan orang lain. Sehingga individu tidak dapat
menyesuaikan diri dilingkungan sekolah maupun dilingkungan tempat tinggal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling individual
dalam meningkatkan kontrol diri yang bertempramen.Adapun penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII SMP PAB 2 Helvetia. Oleh karena itu peneliti mengambil 3 orang siswa dari
kelas VIII-1 ,VIII-5,VIII-7 . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Observasi,Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data berupa
reduksi data, penyajian data,dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil
analisis penelitian inidapat diketahui bahwa penerapan layanan konseling
individual dalam meningkatkan kontrol diri yang bertempramen memiliki
hubungan yang sangat sangat signifikan. Adanya perubahan pada sikap terkait
dengan kmontrol diri dapat dilihat dari kondusifnya siswa etika sedang
bermain,suasana belajar didalam kelas dan dalam menyesuaikan dirinya yang
berlangsung baik dilingkungan sekolah.