Abstract:
Permasalah dalam penelitian ini adalah penerapan layanan konseling individual
untuk mengatasi perilaku kekerasan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02
Medan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif, subjek dalam
penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling dan Wali
Kelas, siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 60
orang siswa, sedangkan objeknya adalah VIII-A dan VIII-B SMP Muhammadiyah
02 Medan yang berjumlah 4 orang siswa dengan teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis data
penelitian memperoleh hasil bahwa penerapan layanan konseling individual untuk
mengatasi perilaku kekerasan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan
menggunakan observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan di
SMP Muhammadiyah 02 Medan, maka diperoleh data siswa yang mengalami
masalah-masalah dalam perilaku kekerasan ekspresif, dan diberikan layanan
konseling individual, peneliti menjadikan mereka untuk membahas permasalahan
yang mereka hadapi. Setelah terlaksana layanan konseling individual di SMP
Muhammadiyah 02 Medan dapat mengatasi perilaku kekerasan ekspresif pada
siswa tersebut dan berhasil dilakukan.