Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah dengan
menggunakan model Small Group Work aktivitas belajar siswa di MAS AL
Washliyah-22 Tembung T.P 2016/2017”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Small Group Work
dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di MAS AL Washliyah-22
Tembung T.P 2016/2017. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan dengan model
Small Group Work untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di kelas
XI IPS-A MAS AL Washliyah-22 Tembung. Instrumen yang digunakan adalah tes
dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar
matematika siswa dan observasi digunakan untuk menghasilkan perubahan siswa.
Dari hasil penelitian siklus I dapat di lihat dari 45 siswa diperoleh persentase
ketuntasan siswanya 46,66% ,pada siklus II persentase meningkat ketuntasan
siswanya 82,22% .Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
model Small Group Work dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa
pada materi fungsi komposisi.