Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan
bimbingan kelompok untuk mengatasi kejenuhan belajar pada waktu jam terakhir
siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Tahun Ajaran 2018/2019. Layanan
Bimbingan Kelompok adalah salah satu teknik dalam bimbingan konseling untuk
memberikan bantuan kepada peserta didik/siswa yang dilakukan oleh seorang
pembimbing/konselor melalui kegiatan kelompok yang dapat berguna untuk
mencegah berkembangnya masalah-masalah yang dihadapi anak. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengatasi kejenuhan belajar pada waktu jam terakhir.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Medan Tahun Ajaran
2018/2019, yang beralamat dijalan Pelita II No 3-5 Medan. Objek dalam
penelitian ini adalah sebanyak 10 orang. Dengan teknik pengumpulan data,
observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan penerapan layanan
bimbingan kelompok untuk mengatasi kejenuhan belajar pada waktu jam terakhir
yang dilakukan peneliti berjalan secara optimal hasil ini terbukti pada perbuatan
siswa disekolah, yang tadinya malas belajar, suka mengantukpada waktu belajar,
suka ribut dan mengganggu temannya menjadi lebih sadar untuk tidak
mengulanginya lagi dan akan belajar lebih baik dari sebelumnya.