Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat
profesionalisme guru setelah mendapat sertifikasi guru. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru di MTs Negeri Stabat,
untuk mengetahui aplikasi sertifikasi di MTs Negeri Stabat, dan untuk mengetahui
pengaruh sertifikasi terhadap profesionalisme guru di MTs Negeri Stabat.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
profesionalisme guru di MTs Negeri Stabat, bagaimana aplikasi sertivikasi di
MTs Negeri Stabat, dan apakah ada pengaruh sertifikasi terhadap
profesionalisme guru di MTs Negeri Stabat. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif
Kuantitatif dengan menggunakan metode Survey. Sumber data yang digunakan
adalah data primer yaitu guru-guru di MTs Negeri Stabat yang dijadikan sampel
dalam penelitian ini yang menyangkut tentang sertifikasi dan profesionalisme
guru sedangkan data skunder yaitu Ibu Kepala Sekolah MTs Negeri Stabat, serta
orang-orang yang berkompeten yang dapat membantu penulis dalaam
mengumpulkan data secara konkrit dan dapat dipercaya keterangan dari sumber
data skunder tersebut.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini
yaitutidakadapengaruhnyaantarasertifikasidanprofesionalisme guru di
MTsNStabat, karna setiap guru harus menjalani kegiatannya dengan profesional
tanpa adanya sertifikasi yang didapatnya.