Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Fiqih masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan
model pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Fiqih di kelas X MAS Aisyiyah Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih melalui model pembelajaran scramble di
kelas X MAS Aisyiyah Medan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus terdiri dari
beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian
ini terdiri dari 10 orang siswa dengan menggunakan teknik observasi. Pengumpulan data
dalam penelitian ini melalui tindakan observasi dan diskusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan model pembelajaran scramble dapat
menigkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini dapat diketahui dari
hasil pra siklus 47,5%, pada siklus I 60% dan pada siklus II 82,5%.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran
scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.