Abstract:
Akhlak terpuji merupakan perbuatan yang harusnya dimiliki oleh setiap
muslim. Karena rasulullah telah memberikan contoh dan suri tauladan yang baik
bagi umatnya. Seperti hal nya dalam kehidupan sosial yaitu berbicara, bersikap,
bertindak dan menghadapi masalah.Tetapi agaknya nilai-nilai tersebut mulai
merosot di karenakan oleh kecanggihan teknologi yang terkadang tidak mendidik.
Hal ini di buktikan oleh sikap tidak perduli terhadap temannya, menurunnya sikap
simpati dan empati mereka. Maka dari itu perlu adanya pembelajaran akhlak
terpuji bagi anak-anak, khususnya di tingkat sekolah dasar agar generasi
mendatang memiliki akhlakul karimah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
III pada Sekolah Dasar Negeri 101760 Bulu Cina Tahun ajaran
2016/2017.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala
sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi
dan dokumentasi. Pelaksaan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang
dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, dan observasi.
Hasil penelitian bahwa ada peningkatan hasil belajar akhlak terpuji siswa
menggunakan Metode kelompok yakni siklus 1 sampai siklus 2 dapat dilihat
bahwa adanya peningkatan hasil belajar akhlak terpuji siswa melalui metode
kelompok yaitu pada siklus 1 hasil belajar akhlak terpuji siswa meningkat
60.71%, pada siklus 2 hasil belajar akhlak terpuji siswa meningkat sampai
89.29%.
Dari hasil pelaksanaan PTK siklus pertama dan dua dapat disimpulkan
bahwa dengan melalui Metode kelompok dapat meningkatkan hasil belajar akhlak
terpuji siswa.