Abstract:
Al-Qur’an adalah kitab umat muslim yang diwajibkan bagi muslim pula
untuk membaca dan mempelajarinya. Hal ini dilakukan agar siswa merasa akrab
dan familiar dengan bacaan-bacaan yang terdapat di dalam Al-Qur’an tersebut.
Untuk lebih membiasakan diri dengan ayat-ayat Al-Qur’an, tentunya haruslah
dibiasakan bagi siswa untuk menulis huruf-huruf hijaiyah yang terdapat di dalam
Al-Qur’an. Namun, siswa-siswi kelas III SDN 054906 Tebasan Lama dalam
materi menulis huruf Al- Qur’an belum mengalami peningkatan. Untuk itu,
dilaksanakanlah sebuah penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa agar
hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah
hasil belajar menulis huruf Al- Qur’an dapat meningkat menggunakan kartu huruf
di Kelas III SD Negeri 054906 Tebasan Lama Kab. Langkat? Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas III SD Negeri 054906 Tebasan Lama Kab. Langkat Tahun
Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan
kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi
wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus
yang dirancang secara sistematis dengan berapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Adanya peningkatan hasil belajar
menulis huruf Al-Qur’an siswa menggunakan kartu huruf yaitu pada pra siklus
hasil belajar menulis huruf Al-Qur’an adalah 16%. Pada siklus 1 hasil belajar
menulis huruf Al-Qur’an meningkat menjadi 16%. Pada siklus 2 hasil belajar
menulis huruf Al-Qur’an meningkat sampai angka 48%. Pada siklus 3 hasil
belajar menulis huruf Al-Qur’an meningkat sampai angka 80%.
Dari hasil observasi siklus 1 sampai siklus 3 maka kartu huruf dapat
meningkatkan hasil belajar menulis huruf Al-Qur’an siswa.