Research Repository

Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Inquiry pada Materi Bacaan Qalqalah di KelasVIIA SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Pulungan, Siti Maryam
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:16:32Z
dc.date.available 2020-11-17T08:16:32Z
dc.date.issued 2017-04-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12794
dc.description.abstract Penelitian ini bertujua nuntuk meningkatkan minat siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bacaan Qalqalah dengan menggunakan metode inquiry di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 57 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa setelah menggunakan metode inquiry pada mata pelajaran Alquran hadis materi qalqalah di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dan penelitian PTK ini masuk kedalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas VIIA sebanyak 37 orang siswa dan sampel sebesar 37 orang siswa. Penelitian ini dilakukan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi, observasi, angket. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pada hasil angket minat siswa pra siklus mendapat 17,3%dari 37 orang siswa. Di siklus I ketuntasan mencapai 18,0% dan pada siklus II mencapai 33,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa angket minat siswa meningkat. Hasil penelitian yang didapatkan adalah peningkatan yang sangat signifikan. Hasil belajar pada saat pra siklus tingkat ketuntasan klasikal hanya 57,83% atau 5 orang yang dari 37 orang siswa. Di siklus I hasil belajar siswa kelas VIIA saat melakukan kegiatan dengan menggunakan metode inquiry mendapat hasil 77,14% dari 37 orang siswa dan siklus kedua II mengalami perkembangan menjadi 80,8% dari 37 orang siswa. Hasil aktivitas siswa pada kegiatan siklus I mencapai 78,37dan pada siklus II mencapai ketuntasan 102,7. Hasil respon siswa pada kegiatan siklus I mencapai 67 dan pada siklus II mencapai ketuntasan 72,43. Dari pembelajaran siswa pada kelas VIIA mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inquiry dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran hadis materi Bacaan Qalqalah dikelas VIIA SMP Muhammadiyah 57 Medan. en_US
dc.subject Metode Inquiry en_US
dc.subject Minat dan Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Inquiry pada Materi Bacaan Qalqalah di KelasVIIA SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account