Abstract:
Penelitian ini bertujua nuntuk meningkatkan minat siswa dan meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi Bacaan Qalqalah dengan menggunakan metode
inquiry di kelas VIIA
SMP Muhammadiyah 57 Medan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat, hasil belajar
siswa, dan tanggapan siswa setelah menggunakan metode inquiry pada mata
pelajaran Alquran hadis materi qalqalah di kelas VIIA
SMP Muhammadiyah 57
Medan.
Jenis metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dan
penelitian PTK ini masuk kedalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini
diambil dari seluruh siswa kelas VIIA sebanyak 37 orang siswa dan sampel
sebesar 37 orang siswa. Penelitian ini dilakukan beberapa instrumen
pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi, observasi, angket. Penelitian ini
dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian pada hasil angket minat siswa pra siklus mendapat 17,3%dari 37
orang siswa. Di siklus I ketuntasan mencapai 18,0% dan pada siklus II mencapai
33,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa angket minat siswa
meningkat. Hasil penelitian yang didapatkan adalah peningkatan yang sangat
signifikan. Hasil belajar pada saat pra siklus tingkat ketuntasan klasikal hanya
57,83% atau 5 orang yang dari 37 orang siswa. Di siklus I hasil belajar siswa
kelas VIIA
saat melakukan kegiatan dengan menggunakan metode inquiry
mendapat hasil 77,14% dari 37 orang siswa dan siklus kedua II mengalami
perkembangan menjadi 80,8% dari 37 orang siswa. Hasil aktivitas siswa pada
kegiatan siklus I mencapai 78,37dan pada siklus II mencapai ketuntasan 102,7.
Hasil respon siswa pada kegiatan siklus I mencapai 67 dan pada siklus II
mencapai ketuntasan 72,43. Dari pembelajaran siswa pada kelas VIIA mengalami
peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inquiry dapat
meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran hadis
materi Bacaan Qalqalah dikelas VIIA
SMP Muhammadiyah 57 Medan.