Abstract:
Pendidikan Islam merupakan dasar dari pembentukan karakter dan
pengembangan profesi manusia secara maksimal dan menjadikan manusia sebagai
Insan kami. Muhammadiyah Perdagangan menghadirkan amal usaha meliputi bidang
bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pimpinan cabang
Muhammadiyah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam di Perdagangan.
Pertanyaan yang utama yang perlu di jawab dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja
program pimpinan cabang Muhammadiyah dalam meningkatkan pendidikan di SMP
Muhammadiyah Perdagangan? (2) Bagaimana Peran Pimpinan Muhammadiyah Cabang
Perdagangan dalam meningkatkan pendidikan di SMP Muhammadiyah Perdagangan?
(3)Adakah faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan peran Muhammadiyah
Cabang Perdagangan dalam meningkatkan Pendidikan di SMP Muhammadiyah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang di himpun
peneliti adalah melalui pengamatan yang seksama, wawancara dan dokumentasi,
pengamatan langsung dilakukan di lapangan melalui kegiatan Pimpinan Cabang
Muhammadiyah Perdagangan, peneliti ini juga mewawancarai pengurus Cabang
Muhammadiyah serta Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Perdagangan yang
selanjutnya digunakan sebagai panduan data rill. Pimpinan Cabang Muhammadiyah
mempunyai peranan penting dalam melaksanakan Pendidikan Islam, yaitu sebagai
pembimbing (counselor) fasilitator, organisator, penggerak (activator) pengawas
(controller) dan penilai (evaluator) sedangkan Faktor Pendukungnya ialah adalah
sarana pendidikan yang memadai karena memiliki sumber dana yang cukup, pendidik
yang kompeten dan peserta didik yang senantiasa berpartisipasi dalam mengikuti
berbagai kegiata, sedanagkan faktor penghambatnya berasal dari sebagian pendidik dari
sekolah Muhammadiyah yang tidak aktif dalam kegiatan yang dibuat oleh pimpinan
cabang Muhammadiyah Perdagangan.