Abstract:
layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing siswa Kelas X
SMA YPK Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA YPK Medan T.P
2018/2019 yang berjumlah 191 siswa terbagi dalam 4 kelas. Sampel dalam
penelitian ini adalah 10 siswa karena berdasarkan observasi dan wawancara
dengan guru BK masih terdapat siswa yang mengalami masalah tentang
komunikasi antarpribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif quasi experimental design dengan desain One-Group Pretest-
Posttest Design. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata pretest
43% sedangkan rata-rata post-test 78% maka meningkat rata-rata 35%
terhadap komunikasi antarpribadi siswa. Dan hasil keputusan hipotesis terdapat
perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan layanan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing.