Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana keaktifan
belajar matematika menggunakan model pembelajaran make a match untuk
meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP An- Nadwa
Islamic Centre Binjai Tahun Pelajaran 2016-2017 (2). Apakah penggunaan model
pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa
kelas VIII SMP An- Nadwa Islamic Centre Binjai Tahun Pelajaran 2016-2017.
Tujuan dari penelitan ini adalah: (1). Untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar
matematika dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada siswa
SMP An- Nadwa Islamic Centre Binjai Tahun Pelajaran 2016-2017. (2). Untuk
mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran make a match pada siswa SMP
An- Nadwa Islamic Centre Binjai Tahun Pelajaran 2016-2017. Subjek penelitian ini
adalah kelas VIII -2 yang berjumlah 35 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah
meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan model make a match pada pokok
bahasan lingkara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK. Data pada penelitian
ini diperoleh melalui observasi. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan
yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa, siklus 1 mencapai 42%, dan
terjadi peningkatan sebesar 58% pada siklus 2, dan terjadi peningkatan sebesar 81%
pada siklus 3. Dengan demikian maka siklus 3 ketuntasan belajar siswa secara
klasikal terpenuhi karena >75% siswa yang mmencapai ketuntasan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model make
a match dapat meningkatan keaktifan belajar matematika pada siswa.