Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah ada pengaruh yang
signifikan melalui media tayang “Dapur Umami” terhadap Kemampuan Menulis
Petunjuk Melakukan Sesuatu oleh Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 19
Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilaksanakan di MTs
Muhammadiyah 19 Tanjung Pura. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 39
siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan dari
populasi yaitu kelas VIII-1(20 siswa) dan kelas VIII-2(19 siswa). Kelas VIII-2
terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan
menggunakan media tayang “Dapur Umami” sedangkan kelas VIII-1 sebagai kelas
kontrol tanpa menggunakan media tayang “Dapur Umami.” Metode penelitian ini
bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada
perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada eksperimen dan
kontrol. Istrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes esai dengan posttest-only
control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan
menulis petunjuk melakukan sesuatu menggunakan media tayang “Dapur Umami”
memperoleh nilai rata-rata 76,60 termasuk dalam kategori baik dan kemampuan
menulis petunjuk tanpa menggunakan media tayang “Dapur Umami” memperoleh
nilai rata-rata 69,43 termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan pengujian
hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada taraf ߙ = 0,05 maka
diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 2,01 > 1,68, sehinggan hipotesis alternatif (Ha)
dinyatakan terbukti kebenaranya dan diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh yang
signifikan media tayang “Dapur Umami” terhadap kemampuan menulis petunjuk
melakukan sesuatu oleh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 19 Tanjung Pura
Tahun Pembelajaran 2016-2017.