Research Repository

Pengaruh Media Tayang “Dapur Umami” Terhadap Kemampuan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu Oleh Siswa Kelas Viii Mts Muhammadiyah 19 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016 – 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Candra Dewi, Wahyu
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:51:25Z
dc.date.available 2020-11-17T07:51:25Z
dc.date.issued 2017-04-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12739
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah ada pengaruh yang signifikan melalui media tayang “Dapur Umami” terhadap Kemampuan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu oleh Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 19 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 19 Tanjung Pura. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 39 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan dari populasi yaitu kelas VIII-1(20 siswa) dan kelas VIII-2(19 siswa). Kelas VIII-2 terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan media tayang “Dapur Umami” sedangkan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media tayang “Dapur Umami.” Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada eksperimen dan kontrol. Istrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes esai dengan posttest-only control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis petunjuk melakukan sesuatu menggunakan media tayang “Dapur Umami” memperoleh nilai rata-rata 76,60 termasuk dalam kategori baik dan kemampuan menulis petunjuk tanpa menggunakan media tayang “Dapur Umami” memperoleh nilai rata-rata 69,43 termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada taraf ߙ = 0,05 maka diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 2,01 > 1,68, sehinggan hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenaranya dan diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan media tayang “Dapur Umami” terhadap kemampuan menulis petunjuk melakukan sesuatu oleh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 19 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Pengaruh Media Tayang en_US
dc.subject Dapur Umami” en_US
dc.subject Kemampuan Menulis en_US
dc.title Pengaruh Media Tayang “Dapur Umami” Terhadap Kemampuan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu Oleh Siswa Kelas Viii Mts Muhammadiyah 19 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016 – 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account