Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Perkerasan Jalan di Kawasan Medan
Helvetia dimana sebagian sudah rusak. Banyak faktor yang menjadi penyebab
kerusakan jalan salah satunya adalah berkurang kemampuan struktur perkerasan
jalan dalam menjalankan fungsinya sebanding dengan bertambahnya umur
perkerasan dan bertambahnya beban lalu lintas yang dipikul dari kondisi awal
apalagi terdapat kendaraan dengan keadaan beban berlebih terhadap lapisan
perkerasan. Hal ini merupakan alasan mendasar untuk menganalisis Studi
Pengaruh Beban Berlebih (Overload) Terhadap Pengurangan Umur Rencana
Perkerasan Jalan Pada Paket Sumarsono – Helvetia KM.12, Medan TR 16
Ds.Pada tulisan ini akan dilihat sejauhmana pengaruh dari kelebihan beban
kendaraan terhadap umur perkerasan jalan dengan menggunakan metode Bina
Marga 2002. Angka ekivalen kendaraan dihitung dan N (ESAL) dihitung pada
keadaan beban normal dan beban berlebih. Persen umur perkerasan jalan akibat
kelebihan masing-masing muatan kemudian dihitung. Sehingga dapat disimpulkan
seberapa pengaruh kelebihan muatan kendaraan terhadap umur perkerasan jalan.
Dalam tugas akhir ini dapat dilihat, misalnya dengan kelebihan beban
sebesar 5 %, 10 %, dan 15 % mempengaruhi persen umur masing-masing menjadi
(-5,0%) (-10%), dan (-3,5%),(-15%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa
kelebihan beban kendaraan terhadap perkerasan jalan sangat berpengaruh
terhadap pengurangan umur perkerasan jalan. Sehingga sangat diharapkan para
pengguna jalan perlu mematuhi peraturan berlalu lintas yang ada.