Abstract:
Layanan bimbingan kelompok merupakan suatu cara pemberian bantuan yang
diberikan oleh seorang ahli kepada individu atau kelompok dengan memanfaatkan
dinamika kelompok, dimana pemimpin kelompok menyediakan informasi yang
bermanfaat agar individu mencapai tujuan bersama mengenai strategi untuk
membantu individu dalam meningkatkan kemandirian belajar serta dapat
mengembangkan potensi siswa dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI
MAS LAB IKIP AL-Washliyah Tahun Pembelajaran 2018/2019. Yang menjadi
objek peneliti ini adalah siswa kelas XI sebanyak 8 siswa yang kurang mampu
meningkatkan kemandirian belajar. Dan yang menjadi subjek penelitian adalah
peneliti bekerja sama dengan guru BK. Jenis penelitian ini dengan menggunakan
tindakan deskriptif kualitatif. Instrumentasi pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Dengan dilakukannya Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik
Diskusi Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI MAS LAB
IKIP AL-Washliyah Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 ada 8 siswa yang
rendah dalam kemandirian belajar, dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat 6
siswa yang berhasil meningkat dalam kemandirian belajarnya, sehingga penelitian
yang dilakukan berhasil dan cukup efektif.