Abstract:
Jalan raya Dolok Masihul (Jl. Lintas Tengah Sumatera) mekmiki angka
kecelakaan tinggi, mekmiki panjang ± 28 Km dan lebar efektif jalan ± 6 m yang
merupakan daerah yang cukup potensial terhadap pergerakan arus lalu lintas
karena merupakan jalan penghubung antara Lubuk Pakam Dengan Tebing Tinggi,
di sepanjang jalan juga terdapat perkantoran, sekolahan, pasar, pertokoan, dan
pemukiman penduduk. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor
penyebab yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Data yang
diperlukan dalam analisis ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data
primer terdiri dari nama jalan, jumlah lajur, lebar lajur, LHR yang didapat dari
hasil survey langsung di lapangan. Data sekunder yang diperlukan adalah peta
lokasi penelitian, dan data kejadian kecelakaan lalau lintas. Data yang diperoleh
kemudian dianalisis dengan menggolongkan kecelakaan berdasarkan faktor-faktor
penyebab kecelakaan lalu lintas. Faktor utama terjadi kecelakaan lalu lintas di
Jalan Raya Dolok Masihul (Jl. Lintas Tengah Sumatera) adalah manusia, umur
korban kecelakaan lalu lintas yang terbanyak berumur 16 - 30 tahun, jumlah
kejadian kecelakaan terbesar terjadi pada pukul 06.00 sampai dengan pukul 19.00
sebanyak 63,44% yang merupakan jam sibuk dan pekerjaan pelaku kecelakaan di
dominasi oleh laki-laki. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi
angka kecelakaan pada jalan Jalan Raya Dolok Masihul (Jl. Lintas Tengah
Sumatera), yaitu : memberikan pendidikan lalu lintas dan sanksi yang tegas pada
pengguna jalan yang melanggar peraturan berlalu lintas dan pemasangan rambu
harus sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 61 tahun 1993
tentang Rambu Lalu Lintas.