Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran Course Reviuw Horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Reviuw
Horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII
MTs Muhammadiyah 15 Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan penelitian
eksperimen ini masuk ke dalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh kelas
VIII sebanyak 45 orang dan Sampel yang diambil sebesar 20 orang siswa. Penelitian ini dilakukan
menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Angket, dan Assasment Otentik.
Pengolahan analisis data ini menggunakan rumus product moment, validitas, reliabilitas, dan uji
hipotesis.Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product moment
dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil korelasi product moment dengan tabel nilai โrโ
product moment pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh nilai bahwa 𝑟𝑥𝑦 = 0,957 lebih besar dari
pada nilai 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 baik itu taraf signifikansi 5% (0,444) dan 1% (0,561) dengan formulasi bandingan yaitu
0,957 โฅ 0,444 dan 0,561. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara penggunaan
model pembelajaran Course Reviuw Horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan.