Abstract:
Ilmu yang mempelajari hukum bacaan dalam Al-Qur’an di sebut juga ilmu
Tajwid. Didalam ilmu tajwid tersebut, siswa diajarkan bagaimana caranya
melafazka bacaan Al-Qur’an dengan benar. Dengan belajar tajwid diharapkan
siswa tidak menghilangkan makna dari bacaan Al-Qur’an tersebut. Dan dapat
menjadi bekal dalam hidupnya. Namun, kemampuan Tajwid siswa kelas VI di SD
Negeri 053973 Sendang Rejo ternyata belum mengalami peningkatan. Untuk itu,
dilaksanakanlah sebuah penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa agar
hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah
hasil belajar Tajwid dapat meningkat melalui media gambar di Kelas VI SD
Negeri 053973 Sendang Rejo Langkat? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VI SD Negeri 053973 Sendang Rejo Langkat Tahun Pelajaran 2016-2017.
Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah.
Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi wawancara dan
dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang dirancang
secara sistematis dengan berapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Adapun hasil belajar tajwid dalam
surah Al-Ma’un pada pra siklus adalah 29.73%. Pada siklus 1 hasil belajar tajwid
dalam surah Al-Ma’un meningkat menjadi 62.16%. Pada siklus 2 hasil belajar
tajwid dalam surah Al-Ma’un meningkat sampai angka 91.89%.
Dari hasil observasi siklus 1 sampai siklus 2 maka media gambar dapat
meningkatkan hasil belajar tajwid dalam surah Al-Ma’un siswa.