Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada efektivitas
penggunaan video ceramah dalam melatih kemampuan berpidato siswa di kelas IX MTs
Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui efektivitas penggunaan video ceramah dalam melatih kemampuan
berpidato siswa di kelas IX MTs Muhammadiyah 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian quasi eksperimen dan penelitian eksperimen ini masuk ke dalam kategori
penelitian kuantitatif. Popoulasi dan sampel ini diambil dari seluruh kelas IX sebanyak
40 orang . penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan
data, yaitu observasi, dokumentasi, dan praktek langsung.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data pembelajaran berpidato
bahwa hasil nilai uji homogen ,dari perhitungan diperoleh Fhitung 1,08 dan dari grafik
daftar disribusi F dengan d.k pembilang = 20-1 = 19. Dk penyebut = 20-1 = 19.
dan =0,05 dan Ftabel. Tampak bahwa Fhitung < Ftabel. Hal ini berarti data variabel X
dan Y homogen.
Dari hasil penelitian statistik diketahui bahwa nilai r hitung adalah 0,991,
sedangkan r tabel adalah adalah 0,444dengan batas signifikasi 5%. Artinya bahwa nilai
r hitung lebih besar daripada r tabel, yakni 0,991>0,444. Dengan demikian dapat
disimpulkan berdasarkan hipotesis yang diajukan bahwa ditolak pada taraf
signifikasi 5%. Sedangkan hipotesis alternatif diterima, yang berarti terdapat korelasi
positif yaitu efektivitas penggunaan video ceramah dalam melatih kemampuan berpidato
siswa.nilai r hitung termasuk kategori interpretasi antara variabel X dan Variabel Y
terdapat korelasi yang sangat tinggi.