Abstract:
MMADIYAH SUMATERA UTARA
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui disiplin belajar siswa
serta untuk mengetahui konsep diri siswa di kelas VII MTs Swasta Muhammadiyah-15 Medan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan penerapan disiplin belajar
dengan konsep diri siswa di kelas VII MTs Swasta Muhammadiyah-15 Medan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif, yang terdiri dari dua variabel. Populasi yang diambil dari seluruh
siswa kelas VII MTs Swasta Muhammadiyah-15 Medan sebanyak 44 Siswa dan sampel 44 siswa.
Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket. Penggolongan
analisis data ini menggunakan rumus product moment. Setelah data terkumpul lalu dihitung
dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut:
dari hasil koefisien product moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf 5% dan
1% diperoleh bahwa rxy = 0,382 lebih besar dari pada rtabel taraf signifikan 5% (0,304) dan lebih
kecil dari pada taraf signifikan 1% (0,393) dengan formasi bandingan yaitu 0,382 ≤ 0,304 dan
0,382 ≤ 0,393. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif yang lemah antara
“penerapan disiplin belajar hubungannya dengan konsep diri siswa di kelas VII MTs Swasta
Muhammadiyah-15 Medan”.