Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
ada peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa Arab di SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa Arab
dengan menggunakan metode hiwar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Sumber data yang diambil adalah siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 57 Medan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 72 siswa. Dan
sumber data dalam penelitian ini hanya berasal dari satu kelas saja yaitu kelas VIIA yang berjumlah 37 siswa.
Penelitian dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data
yaitu, observasi, dokumentasi, dan demonstrasi. Analisis pengumpulan data ini
menggunakan lembar observasi yang berisi tentang indikator dalam peningkatan
kemampuan berbahasa Arab siswa. Setelah dilakukan penelitian pra siklus tentang
kemampuan berbahasa Arab siswa dengan menggunakan lembar observasi
diperoleh hasil sebesar 40%, dan pada siklus 1, sebesar 64%, dan siklus 2 sebesar
84%. Dari hasil pelaksanaan PTK siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan
kemampuan berbahasa Arab siswa kelas VII-A mengalami peningkatan.