Research Repository

Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Jigsaw Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Al-Washliyah Indrapura

Show simple item record

dc.contributor.author Khumairoh, Ummi
dc.date.accessioned 2020-11-17T05:48:08Z
dc.date.available 2020-11-17T05:48:08Z
dc.date.issued 2017-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12576
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keaktifan siswa setelah menggunakan metode kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Washliyah Indrapura?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan metode kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Washliyah Indrapura?, 3) Bagaimana respon siswa setelah menggunakan metode kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Washliyah Indrapura?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII-B MTs Al-Washliyah Indrapura, serta respon siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw. Jenis penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), terdiri dari tiga siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelelitian ini menggunakan lembar tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analsis data menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase keaktfan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa dan repon siswa selama proses pembelajaran Hasil analisis penelitian pada pra siklus terdapat 9 siswa yang telah mancapai nilai > 78 dengan ketuntasan sebesar 36% dan yang tidak tuntas mencapai 64% dan niai rata-rata 71.4. Keaktifan siswa pada pra siklus sebesar 55.88%. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang telah mencapai > 78 dengan ketuntasan sebesar 72% dan yang tidak tuntas mencapai 28% dan nilai rata-rata 77.6. Keatifan siswa sebesar 59.54% dan respon siswa 99.52%. Pada siklus II ketuntasan siswa telah mencapai 100% dan nilai rata-rata 85.12 serta respon siswa sebesar 100%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII-B MTs Al-Washliyah Indrapura. en_US
dc.subject Kooperatif Jigsaw en_US
dc.subject keaktifan siswa en_US
dc.title Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Jigsaw Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Al-Washliyah Indrapura en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account