Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keaktifan
siswa setelah menggunakan metode kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Aqidah
Akhlak di MTs Al-Washliyah Indrapura?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa
setelah menggunakan metode kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Aqidah
Akhlak di MTs Al-Washliyah Indrapura?, 3) Bagaimana respon siswa setelah
menggunakan metode kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di
MTs Al-Washliyah Indrapura?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan
keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII-B
MTs Al-Washliyah Indrapura, serta respon siswa dengan menggunakan metode
pembelajaran kooperatif jigsaw.
Jenis penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research), terdiri dari tiga siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelelitian
ini menggunakan lembar tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik
analsis data menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase
keaktfan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa dan repon siswa selama proses
pembelajaran
Hasil analisis penelitian pada pra siklus terdapat 9 siswa yang telah
mancapai nilai > 78 dengan ketuntasan sebesar 36% dan yang tidak tuntas
mencapai 64% dan niai rata-rata 71.4. Keaktifan siswa pada pra siklus sebesar
55.88%. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang telah mencapai > 78 dengan
ketuntasan sebesar 72% dan yang tidak tuntas mencapai 28% dan nilai rata-rata
77.6. Keatifan siswa sebesar 59.54% dan respon siswa 99.52%. Pada siklus II
ketuntasan siswa telah mencapai 100% dan nilai rata-rata 85.12 serta respon siswa
sebesar 100%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran
kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran aqidah akhlak kelas VIII-B MTs Al-Washliyah Indrapura.