Research Repository

Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas X MAS Muhammadiyah 1 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Desvaliza, Wenny
dc.date.accessioned 2020-11-17T05:46:07Z
dc.date.available 2020-11-17T05:46:07Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12575
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan berpikir siswa, kurangnya minat dan perhatian siswa dalam pembelajaran Fiqih karena variasi guru dalam menyajikan materi masih bersifat monoton. Selain itu, pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe card sort. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran aktif tipe card sort pada pembelajaran Fiqih materi Pelepasan dan perubahan kepemilikan harta. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X-1 MAS Muhammadiyah 1 Medan, tahun ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes, obseravsi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa pada pra siklus, siklus I sampai siklus II. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif dengan cara menghitung rata-rata hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 63, dengan persentase ketuntasan klasikal 36,7%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78,3 dengan persentase ketuntasan klasikal 73,3%, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88, dengan ketuntasan klasikal 86,7%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran aktif tipe card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa. en_US
dc.subject Card Sort en_US
dc.subject Fiqih en_US
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas X MAS Muhammadiyah 1 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account