Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh
rendahnya kemampuan berpikir siswa, kurangnya minat dan perhatian siswa dalam pembelajaran
Fiqih karena variasi guru dalam menyajikan materi masih bersifat monoton. Selain itu, pembelajaran
hanya berpusat pada guru sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Salah satu cara
untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe
card sort. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari
dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui
model pembelajaran aktif tipe card sort pada pembelajaran Fiqih materi Pelepasan dan perubahan
kepemilikan harta. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X-1 MAS Muhammadiyah 1 Medan,
tahun ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan tes, obseravsi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran
siswa pada pra siklus, siklus I sampai siklus II. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa dianalisis
secara kuantitatif dengan cara menghitung rata-rata hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Dari hasil
penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 63, dengan persentase
ketuntasan klasikal 36,7%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78,3 dengan
persentase ketuntasan klasikal 73,3%, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa
sebesar 88, dengan ketuntasan klasikal 86,7%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran aktif
tipe card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa.