Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
metode debat dalam menanamkan sikap indahnya ikhlas dalam beribadah dan pengaruh metode
debat terhadap hasil belajar siswa di MAS Muhammadiyah 1 Medan. Sedangkan yang menjadi
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dan pengaruh penggunaan metode
debat terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di sekolah. Jenis penelitian
ini adalah eksperimen dan penelitian eksperimen ini termasuk ke dalam kategori penelitian
kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas X sebanyak 30 orang dan sampel
sebesar 30 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan
data yaitu tes, dokumentasi, dan angket. Pengolaan penelitian ini menggunakan rumus kolerasi
Product Moment, uji “ t , uji validitas serta rumus reabilitas untuk melihat konstribusi yang
diberikan antara variabel X dan variabel Y. Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan
menggunakan teknik kolerasi Product Moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari
hasil koefisien Product Moment dengan tabel nilai “ r “ product moment pada taraf 5% dan 1%
diperoleh bahwa 𝑟𝑥𝑦 =0,383 lebih besar dari pada 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 baik itu taraf 5% (0,361) dan 1%
(0,463) dengan formulasi bandingan yaitu 0,383 ≥ 0,361 dan 0,463. Maka dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh positif antara model pembelajaran metode debat terhadap hasil belajar
siswa kelas X pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAS Muhammadiyah 1 Medan.