Abstract:
Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XI TKJ 3 ialah terdapat beberapa
siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga memperoleh hasil belajar yang
rendah serta kesulitan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan
kelompok untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI TKJ 3 SMK
Muhammdiyah 04 Medan tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memakai dua siklus untuk
melihat perubahan siswa selama pemberian layanan. Subjek penelitian ialah
seluruh siswa/siswi kelas XI TKJ 3 yang berjumlah 35 orang, sedangkan objek
penelitian ini berjumlah 5 orang yang sesuai dengan ciri – ciri kesulitan belajar.
Instrumen penelitian menggunakan instrumen observasi, wawancara dan
dokumentasi. Setelah dilakukannya penelitian, maka didapatkan hasil penelitian
bahwa layanan bimbingan kelompok mampu mengatasi kesulitan belajar siswa
kelas XI TKJ 3 SMK Muhammdiyah 04 Medan tahun ajaran 2018/2019, dengan
data hasil evaluasi layanan I sebesar 32 %, dan hasil evaluasi layanan II
meningkat sebesar 64 % yang berarti bahwa siswa sudah memahami dan sudah
mampu mengatasi kesulitan belajar.