Research Repository

Analisis Isi Pesan Motivasi Dalam Film Cek Toko Sebelah Karya Ernest Prakasa

Show simple item record

dc.contributor.author Fahmi, Khoiri
dc.date.accessioned 2020-11-17T03:52:23Z
dc.date.available 2020-11-17T03:52:23Z
dc.date.issued 2017-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12448
dc.description.abstract Cek Toko Sebelah merupakan film komedi indonesia yang menceritakan tentang relitas etnis tionghoa dimana saat anak beranjak dewasa dan sudah berkarir pada akhir nya harus mengurus toko atau usaha keluarganya. Film merupakan salah satu bentuk penyampaian pesan yang efektif yang dapat dengan mudah diserap dan diterima oleh masyarakat. Film cek toko sebelah ini berkisah tentang sebuah drama keluarga dengan warisan berupa sebuah toko sembako yang akan diserahkan kepada salah satu anaknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotik Charles Sanders Pierce yaitu melihat tanda representamen (ikon,indeks, dan simbol), object dan interpretant. Dari tandatanda ini akan menghasilkan makna yang terkandung dalam film tersebut. Adapun sumber data yang digunakan adalah soft copy film cek toko sebelah dan bukubuku serta data yang membahas mengenai film. Motivasi dalam film cek toko sebelah dapat dilihat melalui tanda seperti dialog maupun penampilan pada gambar yang berada dalam film tersebut. Hasil dari penelitian ini atau kesimpulan pada skripsi ini adalah seperti yang dikemukakan oleh Abraham Maslow bahwa motivasi dapat didukung oleh adanya kebutuhan sosial, beinteraksi antar sesama manusia agar dapat di terima dalam kelompok kerja maupun keluarga. Namun kebutuhan sosial tidak akan tercapai tanpa adanya kebutuhan akan harga diri, dimana setiap orang harus menghormati agar di hormati dan menghargai agar dihargai. Setelah hal ini tercapai maka memerlukan adanya kebutuhan hubungan yaitu hubungan antarpribadi yang ramah dan akrab untuk dapat menjaga sikap saling menghargai di kehidupan bersosial dan pada akhir nya akan memiliki kebutuhan pencapaian dimana setiap orang ingin berprestasi, mengungguli karena hasil kerja keras yang ia lakukan. en_US
dc.subject Semiotik en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Film Cek Toko Sebelah en_US
dc.title Analisis Isi Pesan Motivasi Dalam Film Cek Toko Sebelah Karya Ernest Prakasa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account