Research Repository

Upaya Mengurangi Kecemasan Siswa Berbicara Di Depan Kelas Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Dialog Kelas Viii Mts Madinatussalam Sumatera Utara Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Retno
dc.date.accessioned 2020-03-01T09:37:27Z
dc.date.available 2020-03-01T09:37:27Z
dc.date.issued 2019-09-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1233
dc.description.abstract Permasalahan selalu ada pada dalam kehidupan, siswa yang kurang mampu memahami, beragumentasi atau menyampaikan pendapat dengan baik, terutama dalam proses belajar mengajar, kurang mampu memahami pertanyaanpertanyaan dikelas, takut untuk mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas dan untuk mengetahui bentuk-bentuk kecemasan berbicara yang terjadi pada siswa di kelas VIII MTs. Madinatussalam Sumatera Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik permainan dialog. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 122 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi sesuai dengan upaya mengurangi kecemasan siswa berbicara di depan kelas menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik permainan dialog. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok teknik permainan dialog melalui pretest keadaan kecemasan siswa berbicara di depan kelas cenderung sangat tinggi dengan rata-rata 69,8 dan setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok teknik permainan dialog melalui posttest perkembangan kecemasan siswa berbicara di depan kelas mengalami penurunan dengan rata-rata 43,4. Dari hasil uji hipotesis diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan tentang kecemasan siswa dalam berbicara di depan kelas sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan dialog, terlihat bahwa angka probabilitas Asymp. Sig.(2-tailed)sikap siswa terhadap kecemasan siswa berbicara di depan kelas sebesar 0.005, atau probabilitas di bawah alpha 0.05 (0.000<0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok teknik permainan dialog berhasil untuk mengurangi kecemasan siswa berbicara di depan kelas VIII MTs Madinatussalam Sumatera Utara. en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Teknik Permainan Dialog en_US
dc.subject Kecemasan Berbicara en_US
dc.title Upaya Mengurangi Kecemasan Siswa Berbicara Di Depan Kelas Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Dialog Kelas Viii Mts Madinatussalam Sumatera Utara Tahun Ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account