Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas Jasa Pelayanan
dan strategi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pengguna Jasa PT.Pos
Indonesia (Persero) Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendeketan assosiatif. Cara pengambilan sampel dengan
menggunakan metode nonprobability sampling dengan penelitian Qouta
Sampling. Responden diambil 10 orang setiap hari selama 8 hari. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, studi Dokumentasi, angket
(quisioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
regresi linera berganda, asumsi klasik, pengujian hipotesis dan pengujian
determinasi. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kualitas pelayanan Jasa
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa
PT.Pos Indonesia (Persero) Medan, hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 5,881>
ttabel1.993 maka dapat dinyatakan hipotesis Ho diterima. Secara parsial Strategi
Pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna
jasa PT.Pos Indonesia (Persero) Medan, hal ini dapat diketahui bahwa nilai thitung
5,591>ttabel 1.993 maka dapat dinyatakan hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.
Secara simultan diketahui bahwa n hasil uji hipotesis yang dilakukan terdapat
nilai sig 0,000, nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000 <
0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Fhitungmempunyai nilai yakni 32,545
dengan Ftabel 2,72 jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel dan dapat disimpulkan bahwa
Kualitas Pelayanan Jasa dan Strategi Pemasaran memiliki kontribusi terhadap
kepuasan pelanggan. Nilai Adjusted R Square (R)2 atau koefisien determinasi
adalah sebesar 45,8%. Angka ini mengidentifikasi bahwa kepuasan pelanggan
(variabel dependen) mampu dikelaskan oleh Kualitas Pelayanan Jasa dan Strategi
Pemasaran (variabel independen) sebesar 45,8% sedangkan selebihnya 54,2%
dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.