Abstract:
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan.
Penelitian dilaksanakan di perpustakaan UMSU pada bulan
September 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prosedur tersebut
adalah 1) mengkaji potensi masalah yang ada di lapangan, 2) menetapkan tujuan
dalam penelitian dan pengembangan yang akan dilakukan, 3) validasi ahli media
dan ahli materi, 4) dari hasil validasi kemudian melakukan revisi produk apabila
diperlukan, 5) uji coba lapangan dan analisis uji coba lapangan, 6) produk akhir.
Sedangkan tahapan dalam pengembangan alat evaluasi menggunakan aplikasi
kahoot. Hasil penelitian pengembangan alat evaluasi menggunakan aplikasi
kahoot belum dapat diketahui dikarenakan peneliti masih proses merancang alat
evaluasi. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam penelitian hingga menghasilkan
produk akhir aplikasi kahoot yaitu, 1) mengkaji potensi masalah yang ada di
lapangan, 2) menetapkan tujuan dalam penelitian dan pengembangan yang akan
dilakukan, 3) membuat rancangan awal dari aplikasi kahoot yang akan
dikembangkan, , 4) validasi ahli media dan ahli materi, 5) dari hasil validasi kemudian
melakukan revisi produk apabila diperlukan, 6) uji coba lapangan dan analisis uji
coba lapangan, 7) produk akhir. Uji kelayakan yang dilakukan oleh dosen ahli
menunjukan bahwa alat evaluasi menggunakan aplikasi kahoot yang
dikembangkan layak digunakan dalam evaluasi pembelajaran dengan revisi sesuai
saran. Semua aspek yang dinilai memenuhi syarat sebuah media untuk dikatakan
layak, yaitu masuk pada range kriteria “Baik” atau “Sangat Baik”. Uji kelayakan
yang dilakukan meliputi beberapa aspek sebagaimana dijelaskan pada
pembahasan di atas yaitu meliputi aspek umum, aspek substansi materi, aspek
rekayasa perangkat lunak, dan aspek komunikasi visual.