Research Repository

Mengurangi Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Dengan Teknik Modeling Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas Xi Sma Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Widya Aulia
dc.date.accessioned 2020-03-01T09:27:30Z
dc.date.available 2020-03-01T09:27:30Z
dc.date.issued 2019-09-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1213
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sebelum, sesudah, perbedaan, serta penurunan terhadap kejenuhan (burnout) belajar siswa dengan teknik modeling melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Harapan Mekar Medan. Secara umum penelitian ini ditujukan kepada seluruh siswa kelas XI SMA Harapan Mekar Medan, sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Purposive yakni 8 orang siswa masing-masing dari kelas IPA dan IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu pendekatan One Group Pretest- Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada setiap siswa yang mengalami kejenuhan (burnout) belajar yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang mengalami kejenuhan (burnout) belajar ditinjau dari beberapa indikator yaitu keletihan indera, keletihan fisik, keletihan mental, belajar tidak bervariasi, suasana belajar yang monoton (tidak berubah-ubah), kurang aktifitas rekreasi dan hiburan, dan lingkungan belajar. Hasil uji persyaratan analisis menggunakan uji t paired sampels test diperoleh = 2,145. Dengan demikian > (14,231 >2,145) atau Sig ,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kejenuhan (burnout) belajar siswa sebelum dan sesudah melakukan teknik modeling melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas XII SMA harapan Mekar Medan. en_US
dc.subject Kejenuhan (Burnout) Belajar, en_US
dc.subject Teknik Modeling en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.title Mengurangi Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Dengan Teknik Modeling Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas Xi Sma Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account