Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan perencanaan karir siswa
yang disebabkan pelaksanaan layanan informasi yang dilakukan kurang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap
peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa dan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa kelas VIII Mts N 3 Medan.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang peneliti
gunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan desain one grup pretestposttest
design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 3 Medan
yang berjumlah 220 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTs N
3 Medan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala
kemampuan perencanaan karir siswa dan wawancara. Validitas instrumen dan
reabilitas instrumen menggunakan SPSS For Window seri 22.0. Sedangkan teknik
analisis data dengan menghitung skor skala kemampuan perencanaan karir siswa
dan uji hipotesis. Hasil penelitian menujukkan sebelum diberikan layanan
informasi, kemamampuan perencanaan karir siswa memiliki skor rata-rata 36,94.
Setelah diberikan layanan informasi kemampuan perencanaan karir siswa
mendapat peningkatan dengan skor rata-rata 66,18. Sedangkan hasil uji hipotesis
terdapat adanya pengaruh layanan informasi terhadap peningkatan kemampuan
perencanaan karir siswa ditunjukkan dengan hasil thitung > ttabel yaitu 5,813 >
2,026. Kesimpulan penelitian ini bahwa adanya pengaruh layanan informasi
terhadap peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa kelas VIII MTs N 3
Medan. Terdapat peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa sebelum dan
sesudah pemberian layanan. Hal ini ditunjukkan skor peningkatan sebesar 29,24.
Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat disampaikan diharapkan guru
BK memberikan layanan informasi secara teratur dan sistematis untuk membantu
siswa dalam perencanaan karirnya, diharapkan pihak sekolah lebih meningkatkan
sarana dan prasarana yang dapat dipergunakan, diharapkan siswa agar lebih
berperan aktif dalam kegiatan layanan informasi yang disamapaikan oleh guru
BK. Selain itu diisarankan kepada peneliti yang lain untuk meneliti faktor-faktor
yan lain yang mempengaruhi kemampuan perencanaan karir.