Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi
belajar intrinsik dan ekstrinsik terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X
SMK Swasta IRA Medan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post fakto. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak yang berjumlah 41 orang,
sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode
total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas yang analisis butir angket
menggunakan rumus korelasi product moment, teknik analisis data yang
digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,
diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 20,989 + 0,345 X1 + 0,229
X2 selanjutnya variabel motivasi belajar intrinsik (X1) memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai thitung >
ttabel (3,878 > 0,680), dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Sementara motivasi ekstrinsik
(X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar
dengan nilai thitung > ttabel (2,848 > 0,680), dan sig < 0,05 (0,007 < 0,05). Secara
bersama-sama motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (13,609 >
4,09), dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh motivasi
belajar intrinsik dan ekstrinsik terhadap hasil belajar adalah 41,7%.
Adanya motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik secara efektif akan
menambah semangat dan keinginan anak untuk belajar lebih giat lagi. Selain itu
adanya kersama antara pihak sekolah dan orangtua sangat perlu adanya untuk
mengetahui bagaimana kondisi belajar siswa di rumah dan di sekolah