Abstract:
Penggunaan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Discovery
learning. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran
Discovery learning terhadap Hasil belajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan siswa Kelas XI
Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMK BM Sinar
Husni Medan.yang berjumlah 56 orang. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah
sampling purposive. Dengan menggunakan model Discovery learning.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Test Tertulis yang berbentuk Esai
yang terdiri dari 10 Soal yang telah dinyatakan valid dan reliable. Dari hasil analisis data Pre
Test diperoleh nilai XI AK 4 Rata-rata 24,33 dan standar Deviasi 10,04 dan dari data
perhitungan hipotesis diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (12,78>1,67) yang artinya Ho ditolak dan Ha
diterima, Hal ini membuktikan berarti ada pengaruh model pembelajaran Discovery learning
terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan siswa Kelas XI Akuntansi SMK BM
Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2016/2017.